Wahai Mukmin Berimanlah

Dalam QS. An Nisa 136 Alloh berfirman artinya : Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Alloh dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang telah Alloh turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Alloh turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Alloh, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.

Nabi Muhammad saw juga berpesan : Perbaharuilah iman kalian dengan “Laa ilaaha illalloh”.

Ayat dan hadits ini mengingatkan agar kita tetap dan selalu meningkatkan keimanan. Keimanan yang ada dalam hati (qolbu), diikrarkan dengan lisan dan diamalkan dalam amal perbuatan sebagai satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Nabi juga pernah menjelaskan bahwa keimanan itu memiliki cabang-cabang lebih dari 70. Dalam riwayat lainnya ada 77 cabang. Yang paling tinggi adalah pernyataan “Laa ilaaha illalloh” sedangkan yang paling rendah adalah membuang duri (sesuatu yang bisa mengganggu orang) di jalan.

Cabang iman yang berkaitan dengan hati antara lain yang berkaitan dengan aqidah (keimanan) kepada Alloh, malaikat, kitab-kitab, rasul-rasul, hari akhir dan taqdir-Nya. Berkaitan dengan niyat, ikhlas, syukur, sabar, tawadlu. Juga yang berkaitan dengan cinta kepada Alloh dan rasul-Nya, tawakal dan qona’ah.

Cabang yang berkaitan dengan lisan, antara lain mengikrarkan kalimat tauhid “Laa ilaaha illalloh”, bersyahadat, membaca Al Qur’an, belajar dan mengajarkannya, berdo’a, dzikir dan mengatakan yang hak (benar).

Adapun yang berkaiatan dengan amalan badan (lahiriyah), misalnya thoharoh, sholat, puasa, zakat dan haji serta hijrah badaniyah. Terkait dengan hawa nafsu antara lain menikah, mencari dan memberikan nafkah, mendidik anak, berbakti pada orang tua, silaturohim dan menyayangi orang yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua.tentang berbuat adil, mentaati pemimpin (ulil amri), tolong menolong, amar ma’ruf nahi munkar, menghindari hal-hal yang membahayakan, meninggalkan hal yang sia-sia, dan termasuk menyingkirkan duri atau gangguan yang ada di jalan.

Semoga dan mari kita selalu tingkatkan iman.

Semoga manfaat (intisari khutbah).

admin.

 

 

Tentang mgmppaitgpriok

tempat bermusyawarah untuk tingkatkan kualitas
Pos ini dipublikasikan di Agama, Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s